CANDI BROBUDUR

Pengertian Cooperative Learning

Pengertian Cooperative Learning


Menurut    Rusman   (2010:201)     teori    yang    melandasi    pembelajaran kooperatif adalah teori 
kontruktivisme.  pada   dasarnya pendekatan   teori kontruktifisme dalam belajar adalah suatu pendekatan dimana siswa harus secara individual menemukan dan mentransformasikan informasi yang kompleks.


Cooperative learning (pembelajaran kooperatif) adalah salah satu bentuk pembelajaran berdasarkan pada pendekatan konstruktivis. Cooperative learning merupakan modepembelajaran       sejumlah swa      sebagai      anggota kelompok  kecil  yang  tingkat  kemampuannya  berbeda.  Menurut  M.  Hosnan (2014: 235) Cooperative learning adalah suatu sikap atau prilaku bersama dalam bekerja atau membantu di antara sesame dalam struktur kerja sama yang teratur dalam kelompok, yang terdiri atas dua orang atau lebih, dimana keberhasilan kerja sangat dipengaruhi keterlibatan dari setiap anggota kelompok itu sendiri.


Dalam menyelesaikan tugas kelompok, setiap anggota harus saling bekerja sama dan saling membantu untuk memahami materi pembelajaran. Dalam cooperative learning, belajar dikatakan belum selesai jika salah satu teman dalam kelompok belum menguasai materi. Pengertian cooperatif learning dari beberapa ahli adalah sebagai berikut.
1.   Menurut Metzle (2000: 203) dijelaskan bahwa

Cooperative learning is a set related instructional strategies that share the common attributes by the primary developer Robert E. Slavin (1983): team reward,  individual  accountability,  and    equal  opportunity  for  success  for  all students
yang dapat dijelaskan bahwa model pembelajaran kooperatif adalah kumpulan bahan-bahan strategis yang berhubungan dengan saling menerima dan memberi secara bersama seperti ungkapan Robert E. Slavin (1983):  dimana tim mendapat reward, pertanggung jawaban individu dan kesempatan yang sama demi kesuksesan siswa.





2.   (Johnson & Johnson, 1993, p. 9)

The instructional use of small groups so that students work together to maximize their own and each others learning.
penggunakan instruksional kelompok kecil sehingga siswa bekerja bersama untuk memaksimalkan kemampuan  mereka sendiri dan belajar satu sama lain.
3.   (Jacobs, Power, & Loh, 2002, p. 1)

Principles and techniques for helping students work together more effectively (Jacobs, Power, & Loh, 2002, p. 1). The point is that cooperative learning involves more than just asking students to work  together in  groups. Instead, conscious thought goes in to helping students make the experience as successful as possible.
Prinsip dan teknik untuk membantu siswa bekerja bersama lebih efektif. Intinya adalah bahwa pembelajaran kooperatif melibatkan lebih dari sekedar meminta  siswa  untuk  bekerja  sama  dalam  kelompok.  Sebaliknya,  kesadaran pikiran membantu siswa untuk  membuat pengalaman sesukses mungkin.


4.   (Gillies, Robynn. M, 1949)

Cooperative learning involves students working together in small groups to accomplish shared goal.
Pembelajaran    kooperatif    melibatkan    siswa    bekerja    sama    dalam kelompok kecil untuk mencapai tujuan bersama .
5.   Robert E. Slavin

“Cooperative learning refers to a variety of teaching methods in which students work in small groups to help each other, to discuss and argue with each other, to assess each other's current knowledge and fill in gaps in each other's understanding.


Pembelajaran  kooperatif  mengacu  pada  berbagai  metode  pengajar  di mana siswa bekerja dalam kelompok kecil untuk saling membantu, untuk membahas  dan  berdebat  satu  sama  lain,  untuk  menilai  pengetahuan  masing- masing  dan mengisi kesenjangan dalam pemahaman masing-masing.




Dari pengertian Cooperative learning di atas maka dapat disimpulkan bahwa            kooperatif              lerning         adalah                 model          pembelajaran     dimana    siswa dikelompokkan dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4 atau 6 siswa, dengan struktur kelompok yang bersifat heterogen, sehingga siswa diharapkan dapat mencapai tujuan dan hasil yang maksimal dengan mendiskusikan atau bekerja sama dalam menyelesaikan    masalah yang ada. Sehingga semua siswa dalam kelompok tersebut dapat memahami materi pelajaran.