CANDI BROBUDUR

KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN PBL



Keunggulan model problem-based learning menurut Riyanto (2010: 286) mengungkapkan beberapa keungulan PBL yaitu:

(1)     Peserta didik dapat belajar, mengingat, menerapkan, dan melanjutkan proses belajar secara mandiri. Prinsip-prinsip “membelajarkan” seperti ini tidak bisa dilayani melalui pembelajaran tradisional yang banyak menekankan pada kemampuan menghafal.
(2)      Peserta didik diperlakukan sebagai pribadi yang dewasa. Perlakuan ini memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk mengimplementasikan pengetahuan atau pengalaman yang dimiliki untuk memecahkan masalah.

Kelemahan model problem-based learning sebagai strategi pembelajaran menurut Sanjaya (2006: 221) sebagai berikut:
(1)       Manakala siswa tidak memiliki minat atau tidak mempunyai kepercayaan bahwa masalah yang dipelajari sulit untuk dipecahkan, maka mereka akan merasa enggan untuk mencoba,
(2)        Keberhasilan strategi pemebelajaran melalui problem solving membutuhkan cukup waktu untuk persiapan, dan
(3)       Tanpa pemahaman mengapa mereka berusaha untuk memecahkan masalah yang sedang dipelajari, maka mereka tidak akan belajar apa yang mereka ingin pelajari.