KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN PBL
Keunggulan model problem-based learning menurut Riyanto (2010: 286) mengungkapkan beberapa keungulan PBL yaitu:
(1) Peserta didik dapat belajar,
mengingat, menerapkan, dan melanjutkan proses belajar secara mandiri.
Prinsip-prinsip “membelajarkan” seperti ini tidak bisa dilayani melalui
pembelajaran tradisional yang banyak menekankan pada kemampuan menghafal.
(2)
Peserta didik diperlakukan
sebagai pribadi yang dewasa. Perlakuan ini memberikan kebebasan kepada peserta
didik untuk mengimplementasikan pengetahuan atau pengalaman yang dimiliki untuk
memecahkan masalah.
Kelemahan
model problem-based
learning sebagai strategi pembelajaran
menurut Sanjaya (2006: 221) sebagai berikut:
(1) Manakala siswa tidak memiliki minat atau tidak mempunyai
kepercayaan bahwa masalah yang dipelajari sulit untuk dipecahkan, maka mereka
akan merasa enggan untuk mencoba,
(2)
Keberhasilan strategi
pemebelajaran melalui problem solving membutuhkan
cukup waktu untuk persiapan, dan
(3)
Tanpa pemahaman mengapa mereka berusaha untuk memecahkan
masalah yang sedang dipelajari, maka mereka tidak akan belajar apa yang mereka
ingin pelajari.