MODEL PENGEMBANGAN ADDIE
Menurut Branch (2009: 2)
ADDIE is an acronym for Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate. Creating products using an ADDIE process remains one of today’s most effective tools. Because ADDIE is merely a process that serves as a guiding framework for complex situations, it is appropriate for developing educational products and other learning resources.
Hal ini berarti bahwa ADDIE merupakan singkatan dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Menciptakan produk dengan menggunakan proses ADDIE
merupakan salah satu alat yang paling efektif. Karena ADDIE adalah proses yang
berfungsi sebagai penuntun kerangka kerja untuk situasi yang kompleks, hal itu tepat
untuk mengembangkan produk pendidikan dan sumber belajar lainnya.
Selanjutnya Branch (2009: 3) berpendapat bahwa “ADDIE is used within
educational environments to facilitate the construction of knowledge and skill
during episodes of guided learning”. Hal tersebut berarti bahwa prinsip
dasar ADDIE adalah untuk memfasilitasi lingkungan pendidikan dalam mengkostruk
pengetahuan dan kemampuan siswa selama pembelajaran. Dengan demikian model
pengembangan ADDIE sesuai apabila diterapkan dalam kurikulum 2013.
Penjelasan dari
masing-masing tahapan model pengembangan ADDIE adalah sebagai berikut.
a.
Analyze
Analisis adalah langkah yang
paling penting tahapan model ADDIE. Tahap analisis ini yang membantu mengidentifikasi
siswa, pembatasan atau peluang, atau hal penting lainnya yang akan berguna
dalam proses desain. Menurut Branch (2009: 17) tujuan dari fase analyze adalah
untuk mengidentifikasi kemungkinan masalah yang terjadi. ini membantu untuk
menentukan dasar bagi semua keputusan selanjutnya. Kesalahan yang sering muncul yaitu tidak melakukan
analisis yang tepat di awal. Prosedur utama yang sering digunakan dalam tahap ini
adalah memvalidasi masalah, menentukan tujuan pembelajaran, mengkonfirmasikan siswa,
mengidentifikasi sumber daya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan seluruh proses
ADDIE.
b. Design
Tahap perencanaan adalah langkah brainstorming. Ini
adalah tahap menggunakan informasi yang diperoleh dalam
tahap analisis
untuk membuat produk pengembangan
yang memenuhi
kebutuhan
siswa.
Menurut
Branch (2009: 17) tujuan dari tahap
desain adalah untuk memverifikasi produk
yang akan dikembangkan dan metode pengujian yang tepat.
c.
Development
Tahap pengembangan fokus
pada mengembangkan produk dari tahap desain. Proses ini mengkonsumsi banyak
waktu yang dihabiskan untuk menciptakan produk pengambangan. Ini mencakup
berbagai langkah seperti konsep awal, review, revisi, dan pengujian.
Tahap ini dapat melibatkan banyak individu untuk menyertakan ahli materi
pelajaran, seniman grafis, dan ahli teknis. Menurut Branch (2009: 18) prosedur
utama dalam tahap mengembangkan adalah sebagai berikut: menghasilkan produk
pengembangan, memilih media pendukung yang sudah ada atau mengembangkan sendiri
sesuai tujuan, mengembangkan pedoman untuk guru, mengembangkan pedoman bagi
siswa, melakukan revisi formatif, dan melakukan pengujian.
d. Implementation
Tahap implementasi lebih
dari sekedar proses penyajian produk yang telah dikembangkan. Sementara konsep
dan materi telah diuji selama proses berlangsung, tahap implementasi dapat
mengungkap topik yang memerlukan pengembangan atau revisi lebih lanjut. Menurut
Branch (2009: 18) tujuan dari tahap implementasi adalah untuk mempersiapkan
lingkungan belajar dan melibatkan siswa. Prosedur utama yang berkaitan dengan
tahap menerapkan adalah mempersiapkan guru dan mempersiapkan siswa.
e. Evaluation
Tahap evaluasi memainkan
peran penting di awal dan di akhir proses. Tujuan evaluasi
mencerminkan banyak penemuan yang ditemukan dalam proses analisis. Penemuan ini
termasuk tujuan dan harapan dari siswa. Menurut Branch (2009: 18) tujuan dari
tahap evaluasi adalah untuk menilai kualitas produk pengembangan dan proses
pembelajaran, baik sebelum dan sesudah implementasi. Prosedur yang sering
dikaitkan dengan tahap evaluasi adalah: menentukan kriteria evaluasi untuk
semua aspek dari proses ADDIE, memilih atau membuat semua alat-alat evaluasi
yang akan diperlukan untuk menyelesaikan seluruh proses ADDIE, dan melakukan
evaluasi.