CANDI BROBUDUR

MODEL PENGEMBANGAN ADDIE


Menurut Branch (2009: 2) 
ADDIE is an acronym for Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate. Creating products using an ADDIE process remains one of today’s most effective tools. Because ADDIE is merely a process that serves as a guiding framework for complex situations, it is appropriate for developing educational products and other learning resources.

Hal ini berarti bahwa ADDIE merupakan singkatan dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Menciptakan produk dengan menggunakan proses ADDIE merupakan salah satu alat yang paling efektif. Karena ADDIE adalah proses yang berfungsi sebagai penuntun kerangka kerja untuk situasi yang kompleks, hal itu tepat untuk mengembangkan produk pendidikan dan sumber belajar lainnya.

Selanjutnya Branch (2009: 3) berpendapat bahwa “ADDIE is used within educational environments to facilitate the construction of knowledge and skill during episodes of guided learning”. Hal tersebut berarti bahwa prinsip dasar ADDIE adalah untuk memfasilitasi lingkungan pendidikan dalam mengkostruk pengetahuan dan kemampuan siswa selama pembelajaran. Dengan demikian model pengembangan ADDIE sesuai apabila diterapkan dalam kurikulum 2013.  
Penjelasan dari masing-masing tahapan model pengembangan ADDIE adalah sebagai berikut.
a.    Analyze
Analisis adalah langkah yang paling penting tahapan model ADDIE. Tahap analisis ini yang membantu mengidentifikasi siswa, pembatasan atau peluang, atau hal penting lainnya yang akan berguna dalam proses desain. Menurut Branch (2009: 17) tujuan dari fase analyze adalah untuk mengidentifikasi kemungkinan masalah yang terjadi. ini membantu untuk menentukan dasar bagi semua keputusan selanjutnya. Kesalahan  yang sering muncul yaitu tidak melakukan analisis yang tepat di awal. Prosedur utama yang sering digunakan dalam tahap ini adalah memvalidasi masalah, menentukan tujuan pembelajaran, mengkonfirmasikan siswa, mengidentifikasi sumber daya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan seluruh proses ADDIE.
b.   Design
Tahap perencanaan adalah langkah brainstorming. Ini adalah tahap menggunakan informasi yang diperoleh dalam tahap analisis untuk membuat produk pengembangan yang  memenuhi  kebutuhan  siswa.  Menurut  Branch  (2009:  17)  tujuan  dari tahap desain adalah untuk  memverifikasi produk  yang  akan dikembangkan dan metode pengujian yang tepat.
c.    Development
Tahap pengembangan fokus pada mengembangkan produk dari tahap desain. Proses ini mengkonsumsi banyak waktu yang dihabiskan untuk menciptakan produk pengambangan. Ini mencakup berbagai langkah seperti konsep awal, review, revisi, dan pengujian. Tahap ini dapat melibatkan banyak individu untuk menyertakan ahli materi pelajaran, seniman grafis, dan ahli teknis. Menurut Branch (2009: 18) prosedur utama dalam tahap mengembangkan adalah sebagai berikut: menghasilkan produk pengembangan, memilih media pendukung yang sudah ada atau mengembangkan sendiri sesuai tujuan, mengembangkan pedoman untuk guru, mengembangkan pedoman bagi siswa, melakukan revisi formatif, dan melakukan pengujian.
d.   Implementation
Tahap implementasi lebih dari sekedar proses penyajian produk yang telah dikembangkan. Sementara konsep dan materi telah diuji selama proses berlangsung, tahap implementasi dapat mengungkap topik yang memerlukan pengembangan atau revisi lebih lanjut. Menurut Branch (2009: 18) tujuan dari tahap implementasi adalah untuk mempersiapkan lingkungan belajar dan melibatkan siswa. Prosedur utama yang berkaitan dengan tahap menerapkan adalah mempersiapkan guru dan mempersiapkan siswa.
e.    Evaluation
Tahap evaluasi memainkan peran penting di awal dan di akhir proses. Tujuan  evaluasi mencerminkan banyak penemuan yang ditemukan dalam proses analisis.  Penemuan ini termasuk tujuan dan harapan dari siswa. Menurut Branch (2009: 18) tujuan dari tahap evaluasi adalah untuk menilai kualitas produk pengembangan dan proses pembelajaran, baik sebelum dan sesudah implementasi. Prosedur yang sering dikaitkan dengan tahap evaluasi adalah: menentukan kriteria evaluasi untuk semua aspek dari proses ADDIE, memilih atau membuat semua alat-alat evaluasi yang akan diperlukan untuk menyelesaikan seluruh proses ADDIE, dan melakukan evaluasi.
 

Related Posts :